Tugas mandiri Dosen
Pembimbing
Sejarah Pendidikan Islam Dra. Lisdawati. M.Ag
STRUKTUR SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DARI MASA RASULULLAH
SAW SAMPAI ZAMAN REFORMASI DI INDONESIA DAN PENDIDIKAN WANITA DIDUNIA ISLAM
DI SUSUN OLEH
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF
KASIM RIAU
PEKANBARU
2010
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
penulis ucapkan kepada Allah SWT, yang telah memberi kesehatan dan kesempurnaan
dalam menyelesaikan pembuatan makalah dengan judul Struktur perkembangan pendidikan Islam dari masa Rasulullah sampai masa
zaman Reformasi di Indonesia dan pendidikan wanita di dunia Islam,
merupakan tugas mandiri kelompok dalam mata kuliah sejarah pendidikan islam.
Penulis juga
mengucapkan terima kasih pada Dra.
Lisdawati M.Ag. selaku dosen pembimbing mata kuliah Sejarah Pendidikan
Islam. Dan penulis berterima kasih pada teman–teman yang telah membantu,
memberi pengarahan melaksanakan tugas kelompok ini.
Penulis
menyadari bahwa dalam penulisan makalah Sejarah Pendidikan Islam masih banyak
kekurangan yang berjudul Struktur
perkembangan pendidikan Islam dari masa Rasulullah sampai masa zaman Reformasi
di Indonesia dan pendidikan wanita di dunia Islam, oleh karena itu kritik dan
saran dari teman-teman sangat berarti bagi penyempurnaan makalah ini.
Semoga Allah
SWT, senantiasa melindungi dan memberkahi kita semua Amin.
Pekanbaru, Desember 2010
Taswirudin
PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG
Ketika membahas pengertian pendidikan
ada banyak pengertian sejarah pendidikan Islam. Sejarah pendidikan Islam
memiliki pengertian seperti yang diungkapkan dalam buku Zuhairini dkk
dijelaskan sejarah pendidikan Islam atau tarikhut tarbiyah islamiyah adalah
merupakan keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam
dari waktu ke waktu yang lain, sejak zaman lahirnya Islam sampai dengan
sekarang
Ada beberapa rumusan pendidikan Islam
yang dikemukakan oleh Dra. Hasbullah
tentang sejarah pendidikan Islam yaitu catatan peristiwa tentang pertumbuhan
dan perkembangan pendidikan Islam dari sejak lahir sampai sekarang.
2.
TUJUAN
Adapun tujuan belajar adalah sejarah perkembangan
pendidikan Islam dari masa Rasulullah sampai masa zaman Reformasi di Indonesia
dan pendidikan wanita di dunia Islam.karena banyak yang harus diketahui oleh
mahasiswa karena merupakan bagian ilmu dalam pembelajaran saat kuliah
Pendidikan Agama Islam.
Pertumbuhan pendidikan
Islam pada masa Rasulullah SAW
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Metode
pendidikan pada masa Rasulullah SAW
|
|
|
Sistem
pendidikan pada masa Rasulullah SAW
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi
diri (muhasabah)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengajarkan tauhid
Memperbaiki ahlak
manusia
Mengajarkan
kebersihan
Penyatuan antar
kabilah melalui perjanjian antara dakwah dengan kaum kafir Quraisy
|
|
|
Membangun mesjid yaitu mesjid kuba
Mengajarkan musyawarah
Shalat berjamaah
Muamalah
Hubungan sosial
|
|
|
Perkembangan pendidikan
Islam pada masa khuafaur rasidin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Masa
khalifah Umar bin Khattab (634-644)
|
|
|
Masa khalifah Usman bin Affan (644-656)
|
|
|
Masa khalifah Ali bin Abi Thalib
(656-651)
|
|
|
Masa khalifah AbuBakar as-Siddiq (632-634)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pendidikan Tauhid, Aqidah, dan Ahlak
Memberantas nabi palsu
Memberantas kaum murtad
Memberantas orang yang tidak
membayar zakat
|
|
|
Menunjuk guru sebagai pengajar
Al-Qur’an
Pengembangan ilmu bahasa dan menulis
|
|
|
Mengembangkan ilmu pengetahuan
Membentuk angkatan perang
Mengumpulkan tulisan ayat suci
Al-Qur’an
|
|
|
Pengajaran tulis baca Al-Qur’an
Membentuk partai-partai (firqah)
|
|
Perkembangan pendidikan
Islam pada Bani Umayyah I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertumbuhan dan perkembangan
pendidikan pada masa Bani Umayyah
|
|
|
Perkembangan lembaga pendidikan
islam pada Bani Umayyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semangat agama yang kuat pada waktu
itu
|
|
|
Mempergunakan filsafat untuk melawan
Yahudi dan Nasrani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kuttab : membaca, menulis Al-Qur’an, belajar pokok-pokok
Agama
Mesjid : Al-Qur’an, hadis, dan fiqh
|
|
|
|
|
|
Damaskus
Kuffah
Mekkah
Madinah
Mesir
|
|
|
|
|
Ilmu agama yang berkembang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perkembangan pendidikan
Islam pada masa Bani Umayyah II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Khalifah yang memajukan pendidikan
islam
|
|
|
|
|
|
|
|
Tharif ibn Malik
Thariq ibn Ziyad
Musa ibn Nusair Gubernur Afrika
Utara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kemajuan pendidikan pada Bani
Umayyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dukungan penguasa
Ada sekolah dan universitas
Sarjana yang datang dari ujung timur
dan ujung arab
Ada persaingan Abbasiyah dan Umayyah
dalam bidang ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kendala yang dihadapi dalam
pendidikan islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perkembangan
pendidikan Islam pada masa Bani Abbassiyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kurikulum pendidikan islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kuttab
Suffah
Masjid
Majlis
Khan
madrasah
|
|
|
Guru dalam pendidikan muslim
Tipe-tipe guru
Pakain guru
Organisasi guru
|
|
|
Sikap guru terhadap siswa
Sikap siswa terhadap guru
|
|
|
Kurikulum pendidikan rendah
Kurikulum pendidikan tinggi
Kurikulum setelah berdirinya
madrasah
|
|
|
|
|
Perkembangan ilmu keislaman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kedokteran
Tokohnya: Abu Zakaria, Sabur bun
sahal. Hunain bin ishak, dan Ibnu Sina
|
|
|
Filsafat
Tokohnya: Abu Ishak Al-Kindi, Abu
Nasr Al-Farabi, Al-Ghazali, Ibnu Rusd
|
|
|
Ilmu Astronomi
Tokohnya: Al-Battani, Al-farrazi,
Abul Wafak, Rayhan Al-bayruni, Abu Mansyur Al-Falaky
|
|
|
Ilmu Matematika
Tokohnya: Umar Al-Farukhan,
Al-Khawarizmi
|
|
|
Ilmu Farmasi
Tokohnya: Ibnu Baitar
|
|
|
Perkembangan pendidikan
Islam sejak masuknya islam ke Indonesiasampai berdirinya Kerajaan Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sejarah masuknya Islam di Indonesia
|
|
|
|
|
Kerajaan Islam di Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perdagangan
Perkawinan
Tasawuf
Pendidikan
Kesenian
Politik
|
|
|
halaqah : Mesjid, Musalla, dan
Pesantren.
|
|
|
Kerajaan Islam di Aceh
Kerajaan Islam di Jawa: Kerajaan
Demak
Kerajaan Islam di Maluku
Kerajaan Islam di Kalimantan
Kerajaan Islam di Sulawesi: Kerajaan
Kembar Gowwa Tallo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Faktor Geografis: Indonesia berada
dipersimpangan geografis
internasional
|
|
|
Faktor kesuburan tanah: menghasilkan
keperluan barang-barang hidup
|
|
Perkembangan pendidikan
islam pada masa kolonial Belanda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Periode VOC (Verenigde Oost-Indisce
Compagnie
|
|
|
Periode pemerintahan Belanda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kebijakan Pendidikan pada
pemerintahan Belanda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pendidikan Dasar:
Sekolah Latin: pelajaran utamanya adalah bahasa Latin.
Seminarium Theologicum
(Sekolah Seminari): Sekolah
untuk mendidik calon-calon pendeta, yang didirikan pertama kali oleh
Gubernur Jenderal van Imhoff tahun 1745 di Jakarta
Academie der Marine
(Akademi Pelayaran): Berdiri tahun 1743, dimaksudkan untuk mendidik calon
perwira
Sekolah Cina: tahun1737
didirikan untuk keturunan Cina yang miskin
Pendidikan Islam: telah
berkembang dan mengakar sejak proses awal masuknya Islam ke Indonesia
|
|
|
Menjaga jarak atau tidak
memihak salah satu agama tertentu
Memperhatikan
keselarasan dengan lingkungan sehingga anak didik kelak mampu mandiri
Sistem pendidikan diatur
menurut pembedaan lapisan social
diukur dan diarahkan
untuk melahirkan kelas elit masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai
pendukung supremasi politik dan ekonomi pemerintah kolonial.
|
|
Perkembangan pendidikan
Islam pada masa penjajahan Jepang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kebijakan pendidikan pada masa
Jepang
|
|
|
Kebijakan jepang terhadap pendidikan
Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dijadikannya Bahasa
Indonesia sebagai bahasa resmi pengantar pendidikan
Adanya integrasi
sistem pendidikan
|
|
|
|
|
Mengubah
Kantoor Voor Islamistische Zaken pada masa Belanda yang dipimpin kaum
orientalis menjadi Sumubi yang dipimpin tokoh Islam
Pondok
pesantren sering mendapat kunjungan dan bantuan pemerintah Jepang
Mengizinkan
pembentukan barisan Hizbullah yang mengajarkan latihan dasar seni
kemiliteran bagi pemuda Islam di bawah pimpinan K.H. Zainal Arifin
Mengizinkan
berdirinya Sekolah Tinggi Islam di Jakarta di bawah asuhan K.H. Wahid
Hasyim, Kahar Muzakkir dan Bung Hatta
Diizinkannya
ulama dan pemimpin nasionalis membentuk barisan Pembela Tanah Air (PETA)
yang belakangan menjadi cikal-bakal TNI di zaman kemerdekaan
Diizinkannya
Majelis Islam A’la Indonesia (MIAI) terus beroperasi, sekalipun kemudian
dibubarkan dan diganti dengan Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi)
yang menyertakan dua ormas besar Islam, Muhammadiyah dan NU
|
|
|
|
Jenjang pendidikan pada masa jepang
|
|
|
|
|
|
|
|
Pendidikan Dasar
(Kokumin Gakko / Sekolah Rakyat). Lama studi 6 tahun. Termasuk SR adalah
Sekolah Pertama yang merupakan konversi nama dari Sekolah dasar 3 atau 5
tahun bagi pribumi di masa Hindia Belanda
Pendidikan
Lanjutan. Terdiri dari Shoto Chu Gakko (Sekolah Menengah Pertama) dengan
lama studi 3 tahun dan Koto Chu Gakko (Sekolah Menengah Tinggi) juga dengan
lama studi 3 tahun.
Pendidikan
Kejuruan. Mencakup sekolah lanjutan bersifat vokasional antara lain di
bidang pertukangan, pelayaran, pendidikan, teknik, dan pertanian.
Pendidikan Tinggi.
|
|
|
Pendidikan
Islam pada masa Orde Lama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pendidikan Islam zaman kemerdekaan
|
|
|
Kebijakan pemerintah dalam
pendidikan Islam
|
|
|
Jenis lembaga pendidikan sesuai
dengan tujuannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menanamkan rasa nasionalisme
Menjadikan lagu Indonesia Raya
sebagai lagu kebangsaan
Menghapus pelajaran jepang
Memberi semangat nasionalisme kepada
murid atau siswa
Menghentikan pengibaran bendera
Jepang
|
|
|
Memasukkan
pendidikan Islam kedalam kurikulum pendidikan umum disekolah negeri ataupun
swasta
Memasukkan
ilmu pengetahuan umum kedalam kurikulum pendidikan Islam di madrasah
Mendirikan
sekolah pendidikan guru agama (PGA) untuk memprroduksi guru agama bagi
sekolah
|
|
|
Lembaga pendidikan sesuai politik
|
|
|
Lembaga pendidikan sesuai ajaran
Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Taman Siswa
Sekolah syariat rakyat
Kesatria institute
Perguruan rakyat
|
|
|
Sekolah Syariat Islam
Sekolah Muhammadiah
Sekolah NU
Sekolah Al-Irsad
Sekolah Persatuan Al-Islam
|
|
|
Perkembangan
pendidikan Islam pada masa Orde Baru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sikap mental yang positif dan
menghentikan penyelewengan Pancasila
Memperjuangkan masyarakat yang adil
dan makmur
Sikap mental mengabdi kepada
kepentingan rakyat dan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945
|
|
|
Mempertinggi
mental, moral, budi pekertidan perkuat keyakinan agama
Mempertinggi
kecerdasan dan keterampilan
Membina dan
mengembangkan fisik yang kuat
|
|
|
Dalam sekolah negeri diberikan
pelajaran agama dan orang tua menetapkan anaknya mengikuti pelajaran
tersebut
Cara penyelenggaraan pelajaran agama
di sekolah negeri diatur menteri pendidikan dan kebudayaan serta
bekerjasama dengan menteri agama
|
|
|
|
|
Jenis
pendidikan serta pengajaran Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pesantren
yaitu sekolah keagamaan yang memiliki asrama
|
|
|
Madrasah
diniyyah yaitu sekolah yang memberikan pelajaran tambahan kepada murid
|
|
|
Madrasah
swasta yaitu sekolah yang dikelola secara modern yang memberi pelajaran
agama dan pelajaran umum
|
|
|
Madrasah
ibtidaiyah negeri yaitu sekolah dasar negeri enam tahun
|
|
Perkembangan
pendidikan Islam pada masa Reformasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pendidikan
Islam pada masa Reformasi
|
|
|
pendidikan
islam pada masa depan
|
|
|
Tujuan
pendidikan pada masa Reformasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tujuan
pendidikan MI/SD dan MTs/SLTP
|
|
|
Tujuan
pendidikan MA/SLTA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kurikulum
belum mantap
Kurang
berkualitasnya guru
Dualisme
pengelolaan pendidikam antara Depag dan Depdikbud
Minim
persamaan hak dengan pendidikan umum
Minim
peminat sekolah agama
|
|
|
Strategi
sosial politik, yaitu umat islam sendiri harus mendidik moralitas Islam
yang benar
Strategi
kultural, yaitu memperluas cakrawala pemikiran umat Islam
Strategi
sosio cultural, yaitu mengembangkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip
Islam
|
|
|
Menumbuhkan
keimanan dan dan ketaqwaan.
Tumbuhnya
sikap etika melalui teladan dan penanaman motivasi
Tumbuhnya
rasa ingin belajar
Tumbuhnya
kemapuan berkomunikasi dan sada akan kesehatan
|
|
|
Menumbuhkan
keimanan dan dan ketaqwaan.
Memiliki
etika
Memiliki
penalaran yang baik
Memiliki
kemampuan berkomunikasi
Dapat
mengurus dirinya sendiri
|
|
|
|
Perkembangan
pendidikan wanita di dunia Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pendidikan
wanita pada masa Rasulullah SAW
|
|
|
Pendidikan
wanita pada masa Khulafaur Rasidin
|
|
|
Pendidikan
wanita pada masa Bani Abbasiyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar